Selasa, 12 Maret 2013

Apa pengertian Terminasi & Splicing dalam fiber optik ?


Terminasi kabel fiber optik & Penyambungan kabel fiber optik (fiber optic cable) !

Terminasi kabel fiber optik( fiber optic cable termination)
Terminasi kabel fiber optik/fiber optic termination adalah proses pemasangan konektor/connector pada sebuah kabel fiber optik/fiber optic.Proses ini harus dilakukan secara seksama, mengingat diameter kabel fiber optik/fiber optic sedemikian kecil. proses terminasi kabel fiber optik membutuhkan termination kit. Proses terminasi kabel fiber optik meliputi  mengupas jaket kabel fiber optik dengan suatu alat yang dikenal sebagai stripper, lalu core fiber optik dipotong dengan alat scribe. Selanjutnya core fiber optik dimasukkan ke dalam konektor, yang selanjutnya direkat dengan lem epoxy. Setelah kering, epoxy ini akan dipanaskan dalam oven, untuk selanjutnya kabel fiber optik yang sudah terpasang konektor dipoles (poolish) dengan lapping film atau ampelas khusus fiber optik.
Untuk mengerjakan terminasi kabel fiber optik, seseorang yang akan melakukan proses terminasi harus bekerja dengan presisi dan teliti.

Penyambungan Kabel Fiber optik (Fiber optic cable splicing)
Proses penyambungan kabel fiber optik dilakukan dengan proses yang sering disebut splicing.
Panjang kabel fiber optik dalam sebuah haspel bergantung pada besarnya kabel dan haspelnya. Ada haspel yang dapat menampung 2000 m kabel fiber optik. karena kabel fiber optik atau fiber optic cable digelar untuk jarak jauh dan dapat mencapai puluhan atau ratusan kilometer, maka diperlukan proses penyambungan, yang disebut proses splicing dengan menggunakan bantuan alat fusion splicer.

5 komentar:

  1. you may need some tools that will support you in dealing the work. There are various types of fiber optic tool being used in the fiber optic installation and maintenance works. Click here

    BalasHapus
  2. Info loker untuk penggunaan otdr,saya bepengalaman dalam bidang pengetesan kabel dengan alat otdr,
    Apabila bapak/ibu membutuh kan tenag kerja seperti saya bisa menghubungi saya:
    Nama:angga imanulllahah
    Alamat:sawangan-kota depok
    Telepon:081280347442

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah anda membidangin terminasi kabel optik

      Hapus